"Selamat Datang Di Mo2 inside Revolution Blog. Welcome To Mo2 inside Revolution Blog"

Rabu, 07 Desember 2011

tips merawat accu motor mu


Sumber tenaga listrik di kendaraan bermotor di simpan dalam accu , tenaga listrik yg di hasilkan oleh dinamo isi ( altenator ) di simpan dalam accu untuk keperluan menstater kendaraan , menghidupkan lampu sein klakson dan lain lain. Jika kondisi accu yg tidak baik maka tidak bisa mneyimpan tenaga listrik dan bisa di pastikan kendaraan akan mengalami kendala untuk beroperasi. Indikasi accu tekor bisa terlihat dari cahaya lampu yang meredup. Jika memakai electric starter, ketika tombol ditekan, suaranya seperti tersendat-sendat dan terkadang perlu waktu lama menekan starter agar mesin motor hidup. Jika lama dipencet, tapi mesin motor tetap susah hidup, itu pertanda accu anda sedang dalm keadaan sakit.


Nah ada beberapa trik sederhana yang sebaiknya kamu lakukan supaya usia accu lebih lama, naik motor pun jadi nyaman
  1.  Periksa level air accu jangan sampai kurang (lower) pastikan volume air accu pada level UPPER  jika kurang cukup tambahkan dengan air khusus untuk menambah air accu ( bisanya botolnya tutup warna biru ). dan jangan pula melebihi batas atas (upper). Kurangnya cairan accu ternyata dapat membuat aliran arus listriknya tidak optimal dan lebih cepat membuat Accu rusak. Sebaliknya, jika ketinggian air berlebih, accu sangat mungkin untuk meledak karena tidak ada ruang buat melepas uap.
  2.  merawat terminal atau kutub positif dan negatif baterai yang ada di kedua sisi accu. Jika kabel yang terpasang di salah satu kutub menempel karena adanya kerak putih, membersihkannya bisa digosok dengan sikat kawat. Jika kerak sudah cukup tebal, siramlah dengan air panas dan disikat kembali.
  3.  pastikan alat pengisian atau kiprok atau regulator masih berfungsi baik. Sebab, jika tidak pengisian accu akan tekor terus. Ujungnya, elemen di aki cepat rusak.
  4.  Jangan sekali- kali menghubungkan kepala accu positif dan negatif bisa berakibat fatal, ada beberapa orang suka melakukan hal tsb untuk mengecek kondisi accu.
  5. Selesai berkendara, matikan lampu terlebih dahulu sebelum mematikan motor agar beban accu tidak terlalu besar ketika motor dinyalakan kembali.
  6.  Sesekali bersihkan bagian isi accu dengan cara mengurasnya dengan air. Kamu dapat mengetahui kapan accu harus dibersihkan dengan cara melihat bagian dasar accu apabila accu kotor dan kotorannya tersebut menyentuh timbel maka bersihkan accu tersebut. Setelah dikuras keringkan aki sebelum diisi air aki, kemudian cas selama 2 jam.
  7.  Selamt mencoba :)

3 komentar: