"Selamat Datang Di Mo2 inside Revolution Blog. Welcome To Mo2 inside Revolution Blog"

Rabu, 07 Desember 2011

cara merawat rantai motor (drive chain)


musim hujan adakalanya dianggap masalah besar dalam beraktivitas sehari-sehari. Pa lagi apabila kamu tinggal cukup jauh dengan kampus mu dan mempunyai mata kuliah saat harinya hujan. Jmotor pun timbul permasalahan yang cukup serius, adapun permasalahan yang berpotensi terjadi adalah pada rantai roda (drive chain).

Beberapa permasalahan tersebut antara lain rantai menjadi kendur, munculnya bunyi berisik (terutama bagi sepeda motor yang tidak menggunakan tutup rantai), Kadang kita tak ambil peduli terhadap bunyi-bunyi yang timbul pada rantai motor, padahal bunyi-bunyi tersebut bisa jadi awal bencana terhadap kerusakan, dan parahnya lagi bisa menyebabkan kerusakan pada komponen pendukung rantai lainnya.. Rantai yang tidak beres bisa menyebabkan laju motor kita tidak stabil, maka dari itu perawatan terhadap rantai motor sangatlah penting, selain sebagai pengerak roda, rantai juga berhubungan dengan komponen mesin lainnya.. perawatan rantai bisa dilakukan oleh siapapun, tak mesti ke bengkel.
  1. Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai ini setiap motor telah berjalan 1.000 kilometer. Periksa tingkat ketegangan rantai, Sebaiknya di posisi 5 – 25 milimeter. Untuk mengetahui ukuran tersebut, dapat dilihat di mal atau garis standar yang ada di penarik rantai di ujung bawah shockbreaker roda belakang. Ukuran jarak atau tingkat kekencangan juga bisa dilihat dari stiker yang ada pada tutup rantai roda.
  2. Kotoran menempel di sela-sela rantai baik debu, lumpur, atau serpihan lain yang menempel di pelumas rantai. Bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan rantai cepat kering, berkarat, dan cepat aus karena getas. Oleh karena itu sangat disarankan untuk rajin membersihkan kotoran tersebut. Anda dapta embersihkan dengan cara melepas rantai motor anda dan membersihkannya dengan bensin.
  3. pabrikan telah merancang, sepanjang umur pemakaian rantai maka tidak diperlukan pelumasan. Namun, karena faktor-faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak. Oleh karena itu, rantai perlu pelumasan khususnya bagi sepeda motor yang tidak menggunakan penutup rantai. Saya sarankan untuk tidak memakai oli bekas, sekarang d,pasaran terdapat banyak merk pelumas rantai anda dapat menggunakannya Sesuai dengan keinginan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar